Ketulian Mendadak

Ketulian Mendadak


Definisi


Ketulian Mendadak adalah gangguan pendengaran yang berat atau sama sekali tidak dapat mendengar, yang terjadi dalam waktu beberapa jam atau disadari saat bangun.

PENYEBAB

Penyebab ketulian mendadak dapat dibedakan menjadi tiga kategori umum :

  • Penyebab yang tidak diketahui
  • Penyebab nyata yang dapat dijelaskan
  • Adanya gangguan yang mendasari dengan sedikit atau tidak ada gejala lainnya

Penyebab yang Tidak Diketahui

Pada sebagian besar penderita, penyebab terjadinya ketulian mendadak tidak dapat ditemukan. Namun, ada beberapa teori untuk menjelaskan terjadinya gangguan ini. Penyebab yang mungkin antara lain :

  • infeksi virus (terutama infeksi virus herpes simpleks)
  • serangan sistem kekebalan tubuh pada telinga bagian dalam atau saraf yang mempersarafinya (reaksi autoimun)
  • sumbatan pada pembuluh-pembuluh darah kecil di telinga dalam atau pembuluh darah pada saraf-saraf yang mempersarafinya

Penyebab yang Nyata

Pada banyak penderita lainnya, penyebab terjadinya ketulian mendadak sangat jelas, misalnya :

  • Cedera kepala (misalnya retakan pada tulang temporal kepala). Cedera kepala bisa menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam dan menyebabkan terjadinya ketulian mendadak.
  • Perubahan tekanan yang besar (misalnya saat menyelam).
  • Penggunaan obat-obat yang merusak telinga bagian dalam (obat-obat ototoksik). Obat-obat ini memiliki efek samping yang merusak pada telinga (terutama jika digunakan dalam dosis berlebihan).
  • Infeksi. Sejumlah penyakit infeksi bisa menyebabkan ketulian mendadak selama atau segera setelah terjadi penyakit akut. Infeksi ini antara lain meningitis bakterial (radang selaput otak akibat bakteri), penyakit Lyme, dan banyak infeksi virus lainnya (misalnya gondongan, infeksi herpes simpleks ke otak, dan bahkan campak).

Kadang saat mengangkat beban berat (misalnya angkat besi) bisa menyebabkan tekanan dan kerusakan pada telinga dalam sehingga terjadi ketulian mendadak dan vertigo (perasaan berputar). Ketulian mendadak juga bisa terjadi akibat suara ledakan yang hebat.

Gangguan Lain yang Mendasari

Pada kasus yang jarang, ketulian mendadak bisa menjadi gejala awal dari beberapa gangguan yang biasanya memiliki gejala-gejala awal lainnya. Gangguan ini misalnya berupa : tumor pada saraf pendengaran (neuroma akustik), sklerosis multipel, penyakit Meniere, atau stroke kecil pada pusat keseimbangan di otak (serebelum).




Gejala


Gangguan pendengaran mendadak biasanya hanya mengenai satu telinga (kecuali penyebabnya adalah pemakaian obat-obatan). Penderita bisa mengalami penurunan atau hilang pendengaran dalam waktu beberapa menit atau hari. Berdasarkan penyebabnya, penderita bisa mengalami gejala-gejala yang lain, misalnya tinnitus (telinga berdenging), pusing, atau vertigo.



Diagnosa


Diagnosis didasarkan dari gejala-gejala yang ada. Evaluasi yang dilakukan berupa :

  • melihat riwayat penyakit atau kejadian sebelumnya, misalnya cedera kepala atau adanya penyakit infeksi.
  • pemeriksaan fisik, terutama pemeriksaan telinga dan saraf.
  • pemeriksaan penunjang, misalnya audiogram, MRI, atau CT scan.


Pengobatan


Terapi ditujukan langsung pada penyebab terjadinya ketulian mendadak. Jika penyebabnya tidak diketahui, maka bisa diberikan obat kortikosteroid dan obat anti-virus yang efektif terhadap herpes simpleks (misalnya valasiklovir).

Jika penyebabnya infeksi virus atau tidak diketahui, sekitar setengah penderita mendapatkan pendengaran yang normal kembali dan sisanya mengalami pemulihan sebagian. Perbaikan pendengaran, jika bisa dicapai, biasanya terjadi dalam waktu 10-14 hari.

Pemulihan akibat obat-obat ototoksik sangat bervariasi tergantung dari jenis dan dosis obat-obat yang digunakan. Untuk obat-obat tertentu (misalnya aspirin dan diuretik), pendengaran bisa pulih dalam waktu 24 jam. Namun, obat-obat antibiotik dan kemoterapi seringkali menyebabkan gangguan pendengaran yang menetap jika digunakan melebihi dosis aman.



Referensi


- N, John K. Sudden Deafness. Merck Manual Home Health Handbook. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/ear_nose_and_throat_disorders/hearing_loss_and_

deafness/sudden_deafness.html

- N, John K. Sudden Deafness. The Merck Manual. 2012.

http://www.merckmanuals.com/professional/ear_nose_and_throat_disorders/hearing_loss

/sudden_deafness.html

Ketulian Mendadak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment