Hordeolum (Stye)

Hordeolum (Stye)


Definisi


Hordeolum (Stye) atau yang disebut juga bintitan atau bintilan adalah suatu infeksi yang berkembang cepat pada satu atau lebih kelenjar kecil di tepi atau di bawah kelopak mata dan terkadang dapat terbentuk abses kecil.

Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan. Hordeolum biasanya timbul dalam waktu beberapa hari dan bisa sembuh secara spontan.

PENYEBAB

Hordeolum merupakan infeksi akut pada kelenjar minyak pada kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus). Hordeolum kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis. Hordeolum bisa timbul secara berulang.




Gejala


Hordeolum biasanya diawali dengan adanya kemerahan yang lunak dan nyeri pada tepi kelopak mata. Kemudian terbentuk area pembengkakan kecil, bulat dan lunak. Mata dapat berair, menjadi sensitif terhadap cahaya terang, dan terasa seperti ada benda asing di dalam mata. Biasanya pembengkakan hanya mengenai area kecil pada kelopak mata, tetapi terkadang seluruh kelopak mata dapat membengkak. Seringkali terdapat bintik kecil kekuningan pada bagian tengah dari daerah pembengkakan, biasanya pada tepi dari kelopak mata. Hordeolum cenderung untuk pecah dalam waktu 2-4 hari, mengeluarkan sejumlah kecil nanah dan kemudian membaik. 

Pada hordeolum yang terjadi lebih dalam (hordeolum interna), rasa nyeri dan gejala-gejala lain yang terjadi biasanya lebih berat daripada hordeolum eksterna. Cenderung terjadi pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan pada kelopak mata yang terkena. Adakalanya peradangan yang terjadi berat dan dapat disertai dengan demam atau menggigil. 

Hordeolum Interna (Sumber : www.healthtap.com)



Diagnosa


Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.



Pengobatan


Meskipun terkadang antibiotika digunakan untuk mengobati hordeolum, tetapi biasanya antibiotika tidak benar-benar banyak membantu. Pengobatan paling baik adalah dengan memberi kompres hangat selama 5-10 menit sebanyak 2-3 kali sehari. Rasa hangat akan membantu hordeolum untuk cepat pecah. Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri. Hordeolum interna biasanya jarang dapat pecah dengan sendirinya, untuk itu dokter mungkin perlu melakukan tindakan bedah kecil untuk membuka dan mengeluarkan nanah dari hordeolum tersebut. Hordeolum interna cenderung untuk muncul kembali.

PENCEGAHAN

Selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata. Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.



Referensi


- G, James. Stye (Hordeolum). Merck Manual Home Health Handbook. 2007.

http://www.merckmanuals.com/home/eye_disorders/eyelid_and_tearing_disorders/stye_hordeolum.html

Hordeolum (Stye) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment