Nokardiosis

Nokardiosis


Definisi


Nokardiosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Nocardia asteroides, yang biasanya dimulai di paru-paru dan bisa menyebar ke kulit dan otak.

PENYEBAB

Penyebabnya adalah bakteri Nocardia asteroides. Bakteri ini biasanya hidup pada bahan-bahan yang membusuk di dalam tanah. Bakteri ditularkan melalui udara yang tercemar dan terhirup ke dalam paru-paru. Bakteri juga dapat masuk melalui luka pada kulit. Pada kasus yang jarang, bakteri masuk ke dalam tubuh manusia akibat tertelan.

Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berisiko untuk terkena nocardiosis. Beberapa penyakit dan keadaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, yaitu antara lain :

  • Diabetes
  • Kanker
  • HIV/AIDS
  • Alkoholik
  • Penerima transplantasi organ
  • Menggunakan obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, misalnya kortikosteroid

Sekitar 50% penderita, biasanya orang yang berusia lebih tua, yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit lain.




Gejala


Nokardiosis biasanya dimulai sebagai infeksi paru-paru seperti pneumonia. Infeksi dapat menyebar melalui aliran darah, menyebabkan pembentukan kantong nanah (abses) di berbagai bagian tubuh, termasuk otak dan ginjal. Pada sekitar sepertiga kasus, abses terbentuk di dalam atau di bawah kulit.

Pneumonia karena Nocardia menimbulkan gejala-gejala berupa batuk, batuk darah, sesak nafas, nyeri dada, demam, menggigil, lemah, hilang nafsu makan, dan penurunan berat badan. Cairan bisa terkumpul di rongga pleura (ruang antar selaput yang menyelubungi paru-paru). Gejala-gejala ini mirip dengan tuberkulosis atau pneumonia karena bakteri lainnya.

Abses otak terjadi pada sepertiga penderita dan dapat menimbulkan gejala-gejala berupa sakit kepala hebat, kejang, serta perubahan rasa atau kelemahan. Bagian tubuh yang melemah tergantung pada lokasi abses di otak.



Diagnosa


Diagnosis ditegakkan dengan ditemukannya Nocardia asteroides dalam contoh cairan tubuh atau jaringan yang diambil dari penderita.



Pengobatan


Pengobatan yang diberikan meliputi pemberian antibiotik (biasanya dengan sulfonamide) selama 6 bulan atau lebih. Terkadang, diberikan lebih dari satu antibiotik. Pembedahan mungkin diperlukan untuk drainase abses.

PROGNOSIS

Dengan atau tanpa pengobatan, nokardiosis bisa berakibat fatal. Penyakitnya cenderung lebih baik bila infeksi hanya terjadi di paru-paru. Untuk orang-orang yang mendapat pengobatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, prognosis penyakitnya lebih buruk.



Referensi


- Sorell TC, et al. Nocardia Infection. Medline Plus. 2012.

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000679.htm

- Centers for Disease Control and Prevention. Nocardiosis. Atlanta. 2013.

http://www.cdc.gov/nocardiosis/index.html

Nokardiosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment