Patah Tulang Orbita

Patah Tulang Orbita


Definisi


Cedera wajah bisa menyebabkan patah (fraktur) pada tulang-tulang yang membentuk orbita (rongga mata). Beberapa patah (fraktur) tulang wajah bisa menyebabkan gangguan penglihatan. 

PENYEBAB

Mata dilindungi oleh rongga bertulang yang berbentuk seperti buah pir. Lantai orbita sangat rentan terhadap fraktur (yang disebut fraktur blow-out). Hantaman dari suatu benda tumpul pada orbita bisa menyebabkan fraktur blow-out. Fraktur ini biasanya disebabkan oleh bola, tinjuan atau dasbor (pada kecelakaan lalu lintas) yang mengenai mata. Fraktur juga dapat terjadi pada sisi (dinding) atau atap rongga orbita. Terkadang bagian mata atau otot-otot yang melekat pada bola mata terdorong ke daerah fraktur dan terperangkap di dalamnya.




Gejala


Fraktur menimbulkan nyeri yang hebat. Pada daerah yang mengalami fraktur muncul pembengkakan akibat adanya akumuluasi darah dan cairan. Akumulasi darah biasanya menyebabkan daerah yang membengkak tampak biru atau ungu (memar). Terkadang dapat terjadi perdarahan pada hidung. 

Penglihatan dapat terganggu jika kelopak mata juga ikut membengkak dan menutup pandangan, atau pada kasus tertentu dimana terjadi kerusakan pada bola mata, atau jika darah terakumulasi di belakang bola mata dan menekan saraf optik.

Fraktur juga bisa mempengaruhi fungsi otot-otot yang menggerakkan mata, sehingga dapat terjadi penglihatan ganda (diplopia) atau menghalangi pergerakan mata ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Terkadang gangguan penglihatan dan gangguan pergerakan bola mata dapat disebabkan oleh adanya pecahan tulang yang menekan atau memotong saraf, pembuluh darah atau otot di sekitar mata. 

Gejala lainnya adalah:
- proptosis (bola mata menonjol keluar)
- mati rasa di daerah pipi atau geraham atas

Pada fraktur blow-out terkadang menyebabkan adanya penglihatan ganda, bola mata pada sisi yang terjadi fraktur dapat tenggelam (sunken), bola mata hanya dapat melihat ke bawah, penurunan sensasi terhadap sentuhan dan nyeri di sekitar pipi dan bibir atas (akibat cedera saraf di bawah orbita), atau akumulasi udara pada jaringan di bawah kulit (emfisema subkutis). Emfisema subkutis terjadi jika fraktur pada dasar orbita menyebabkan udara dari hidung atau sinus masuk ke jaringan di sekitar mata, terutama jika penderita menghembuskan udara dari hidung dengan kuat.



Diagnosa


Diagnosa patah (fraktur) tulang orbita dapat didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan hasil pemeriksaan fisik. Dilakukan pemeriksaan mata lengkap untuk mengetahui apakah terdapat adanya kerusakan pada mata. CT scan dilakukan untuk menilai adanya fraktur, akumulasi darah, dan dislokasi atau terjepitnya jaringan pada daerah fraktur.



Pengobatan


Orang yang mengalami patah (fraktur) tulang orbita jangan menghembuskan udara kuat-kuat dari hidung, karena dapat menyebabkan pembengkakan jika udara yang dihembuskan terkumpul di bawah kulit di sekitar mata. Penggunaan spray hidung untuk menyempitkan pembuluh darah selama 2-3 hari dapat membantu meminimalkan perdarahan. Es batu dapat digunakan untuk mengompres daerah yang cedera sehingga dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.  

Kepala sebaiknya diposisikan lebih tinggi dari jantung, sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan lebih lanjut. Pemberian obat anti nyeri (analgesik) dapat membantu untuk mengurangi nyeri. 

Pembedahan biasanya diperlukan jika fraktur blow-out menyebabkan otot atau jaringan lunak terjepit dan menyebabkan penglihatan ganda, menyebabkan cedera saraf, membuat bola mata tenggelam ke bagian fraktur, dan jika gejala tidak hilang dalam 2 minggu. 

Setelah memastikan bahwa fraktur tidak merusak struktur yang vital, maka dokter bedah akan mengembalikan tulang yang patah ke posisi semula, terkadang digunakan implan, berupa lempengan plastik tipis, atau graft tulang untuk menghubungkan kembali bagian-bagian yang patah dan membantu penyembuhan.



Referensi


- C, Kathryn. Fractures of The Orbit. Merck Manual Home Health Handbook. 2013.

http://www.merckmanuals.com/home/injuries_and_poisoning/injuries_to_the_eye/fractures_of_the_orbit.html

Patah Tulang Orbita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment