Penyakit Fabry

Penyakit Fabry


Definisi


Penyakit Fabry adalah penyakit keturunan yang jarang terjadi, yang menyebabkan penimbunan glikolipid (hasil metabolisme lemak).

PENYEBAB

Karena gen yang mengalami kelainan berada pada kromosom X, maka munculnya penyakit secara keseluruhan terjadi pada pria, yang hanya memiliki 1 kromosom X.




Gejala


Penimbunan glikolipid menyebabkan angiokeratoma, yang merupakan pertumbuhan kulit yang jinak di batang tubuh bagian bawah. Kornea mata menjadi seperti berawan, mengakibatkan gangguan penglihatan. Nyeri seperti terbakar dapat terjadi pada lengan dan tungkai, dan penderita mungkin mengalami episode demam. Kematian terutama disebabkan oleh gagal ginjal, penyakit jantung atau stroke akibat tekanan darah tinggi.



Diagnosa


Penyakit Fabry dapat didiagnosis pada janin dengan memeriksa contoh villi chorionic atau amniosentesis (pemeriksaan cairan ketuban).



Pengobatan


Untuk mengurangi nyeri dan demam diberikan analgetik (obat pereda nyeri). Penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun peneliti sedang menyelidiki suatu pengobatan dimana kekurangan enzim yang terjadi diganti melalui transfusi.



Referensi


- Lee M. Sanders. Disorders of Lipid Metabolism. 2009. http://www.merckmanuals.com/home/

childrens_health_issues/hereditary_metabolic_disorders/disorders_of_lipid_metabolism.html

 

Penyakit Fabry Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment