Lain-lain Nimotop

Lain-lain Nimotop


Lain-lain dengan merk Nimotop ini diproduksi oleh PT Burroughs Wellcome Indonesia

INDIKASI


Profilaksis dan pengobatan defisit neurologik iskemik yang disebabkan vasospasme serebral akibat pendarahan subarakhnoid karena aneurisma.

KONTRA INDIKASI


Pemakaian kronik sebelumnya dari obat-obat antiepileptik fenobarbital, fenitoin atau karbamazepin menurunkan ketersediaan hayati pemberian Nimotop® secara oral, maka pemberian bersamaan Nimotop® tablet dan obat-obat antiepileptik tidak direkomendasikan.

KETERANGAN


Komposisi:
1 tablet salut film mengandung 30 mg nimodipin.
1 botol larutan infus isi 50 ml mengandung 10 mg nimodipin.
Interaksi:
Neuroleptika dan antidepresan, zidovudin, simetidin dan obat-obat antiepilepsi, rifampisin, jus grapefruit.
Efek yang Tidak Diinginkan:
Efek pada saluran gastrointestinal: nausea, ileus
Efek pada sistem saraf: pening, sakit kepala
Efek terhadap sistem kardiovaskuler: penurunan tekanan darah secara nyata, flushing, berkeringat, badan terasa hangat, bradikardia atau takikardia
Efek terhadap darah dan konstituen darah: sangat jarang terjadi trombositopenia.
Posologi dan Cara Pemberian:
Infus intravena: pada awal pengobatan 1 mg nimodipin selama 2 jam (sekitar 15 mgg/kg BB/jam). Jika ditoleransi dengan baik, setelah 2 jam dosis ditingkatkan menjadi 2 mg/jam. Pasien dengan berat badan kurang dari 70 kg atau dengan tekanan darah labil dimulai dengan dosis 0,5 mg nimodipin.
Pemberian intrasisterna: 20 ml cairan Nimotop® diencerkan (1 ml cairan infus Nimotop® dan 19 ml larutan Ringer).
Lama Pemberian:
Penggunaan profilaksis: terapi intravena harus dimulai tidak lebih dari 4 hari setelah perdarahan dan diteruskan selama periode maksimum dari vasospasme yaitu hingga 10-14 hari setelah perdarahan subarakhnoid. Jika selama pemberian Nimotop® dilakukan operasi untuk mengatasi perdarahan, pemberian Nimotop® intravena diteruskan sampai 5 hari setelah operasi.
Penggunaan Terapeutik:
Jika sudah terjadi gangguan neurologik, terapi harus diberikan secepatnya dan dilanjutkan selama 5-14 hari. Setelah itu diikuti dengan pemberian tablet dengan dosis 6 x 2 tablet/hari selama 7 hari. Tablet ditelan dengan sedikit air tanpa tergantung waktu makan. Interval setiap dosis tidak kurang dari 4 jam.

Kemasan: Tablet/Infus

Lain-lain Nimotop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment