Kekurangan & Kelebihan Fluoride

Kekurangan & Kelebihan Fluoride


Definisi


Di dalam tubuh, fluoride paling banyak terdapat pada tulang dan gigi. Fluoride penting untuk pembentukan serta kesehatan tulang dan gigi.

KEKURANGAN FLUORIDE 

Kekurangan fluoride dapat menyebabkan kerusakan gigi dan rentan terjadi osteoporosis. Mengkonsumsi cukup fluoride dapat mencegah kerusakan gigi dan dapat memperkuat tulang. Menambahkan fluoride pada air minum yang memiliki kadar fluoride yang rendah atau menggunakan supplementasi fluoride dapat mengurangi risiko kerusakan gigi secara signifikan. 

KELEBIHAN FLUORIDE

Orang-orang yang tinggal pada daerah-daerah dimana air minumnya memiliki kadar fluoride yang tinggi dapat mengalami kelebihan fluoride pada tubuh (fluorosis). Fluoride terakumulasi pada gigi, terutama gigi tetap. Permukaan email gigi tampak bercak-bercak ireguler berwarna putih seperti kapur. Bercak-bercak ini kemudian menjadi berwarna kuning atau coklat. Kelainan ini tampaknya hanya mempengaruhi penampilan gigi dan dapat menyebabkan email gigi tidak mudah berlubang.

Fluoride juga terakumulasi pada tulang. Pada kasus yang jarang, mengkonsumsi fluoride terlalu banyak untuk waktu yang lama dapat menyebabkan tulang menjadi padat tetapi rapuh, terjadi pertumbuhan tulang yang abnormal (spur) pada tulang belakang, dan dapat terjadi kelumpuhan akibat endapan kalsium (kalsifikasi) pada ligamen-ligamen. 

Diagnosa dibuat berdasarkan gejala-gejala yang ada. Penanganan dilakukan dengan mengurangi konsumsi fluorida. 




Gejala




Diagnosa




Pengobatan




Referensi


- J, Larry. Fluoride. 2008. http://www.merckmanuals.com/home/disorders_of_nutrition/

minerals/fluoride.html

Kekurangan & Kelebihan Fluoride Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hari Media Sosial

0 comments:

Post a Comment